Written by Super User on . Hits: 38

Pengadilan Agama Tutuyan Melakukan Pemeriksaan Setempat

 

 

Pemeriksaan Setempat atau descente ialah pemeriksaan mengenai perkara oleh Hakim karena jabatannya yang dilakukan di luar gedung tempat kedudukan pengadilan, agar Hakim dapat melihat sendiri memperoleh gambaran atau keterangan yang memberi kepastian tentang peristiwa-peristiwa yang menjadi sengketa.

Senin, 02 Desember 2019 Pengadilan Agama Tutuyan mengadakan sidang Pemeriksaan Setempat (Descente) perdana di wilayah hukum Pengadilan Agama Tutuyan. Pelaksanaan Pemeriksaan Setempat tersebut, berjalan sesuai dengan ketentuan Pasal 180 R.Bg.

Pemeriksaan Setempat dilakukan terhadap sejumlah objek sengketa dalam perkara Harta Waris Nomor 43/Pdt.G/2019/PA.Tty yang telah didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Agama Tutuyan tanggal 13 Mei 2019. Setelah melakukan berbagai persiapan, sekitar pukul 14.00 WITA, Pemeriksaan Setempat dilaksanakan dengan Tim yang terdiri dari Mashudi, S.Ag, Anton Taufiq Hadiyanto, S.H.I. dan Noor Faiz, S.H.I., M.H. selaku Hakim serta dibantu Farhan Husain, S.H.I., selaku Panitera Pengganti dan Rahmat Bilfagih, S.H.I. sebagai Juru Sita Pengganti. Sidang tersebut dihadiri oleh Penggugat dan Tergugat, selain itu hadir juga di lokasi sidang Pemeriksaan Setempat Kepala Desa bersama Staf Desa Purworejo, Kecamatan Modayag Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Sangadi setempat ikut dalam proses sidang Pemeriksaan Setempat tersebut.

Tim langsung melakukan pengukuran tanah yang menjadi obyek sengketa tersebut untuk mengetahui luas tanah yang sebenarnya dan mengecek batas-batasnya. Meskipun pemeriksaan setempat bukan alat bukti sebagaimana Pasal 164 HIR, tetapi oleh karena tujuannya agar hakim memperoleh kepastian peristiwa yang disengketakan, maka fungsi pemeriksaan setempat hakekatnya adalah sebagai alat bukti. Kekuatan pembuktiannya sendiri diserahkan kepada hakim. Setelah berlangsung dengan aman dan tertib selama lebih kurang 2 jam dan dirasa cukup, maka Majelis Hakim menutup sidang Pemeriksaan Setempat pada hari itu.

Sidang pemeriksaan setempat (Descente) adalah termasuk tahapan persidangan, Majelis Hakim akan turun kelapangan untuk melihat secara langsung kondisi (riil) terhadap objek sengketa, apakah objek sengketa yang terungkap dipersidangan sesuai dengan kondisi (riil) dilapangan, jangan sampai putusan Pengadilan Agama Tutuyan yang dihasilkan akhirnya nanti non executable (eksekusi yang tidak dapat dijalankan).

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tutuyan

Jl. Trans Lingkar Selatan Tutuyan, Bolaang Mongondow Timur. Kode Pos 95783

Telp: (0434) 2622383
Fax:

Email  : patutuyanThis email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Lokasi :